Popular Post

Posted by : Unknown Selasa, 16 September 2014

Yo.. Minna-san, Oogenki desuka.., 
ekstra japanese pada hari selasa, 16 September 2014 membahas tentang partikel seperti SPOK dan sedikit kosa kata.


                                   

PARTIKEL 
pertikel-pertikel dalam bahasa jepang, dalam partikel ini sama halnya seperti partikel kalimat dalam bahasa indonesia yaitu SPOK.partikel-partikel tersebut dapat dilihat dibawah ini.
wa(わ) = ha(は)
he(へ) = e(え)
wo(を) = o(お)

Contoh :
1.  (+)watashi wa isha desu.(わたし わ いしゃ です。)
        * aku seorang dokter.
     (-)watashi wa isha ja arimasen.(わたし わ いしゃ じゃ ありません。)
        * aku bukan seorang dokter.
     (?)anata wa isha desuka ?(あなた わ いしゃ ですか?)
        * apakah anda seorang dokter ?
     jawab : (+)hai, isha desu.(はい、いしゃ です)
                    * iya, saya seorang dokter.
                 (-)iie, isha ja arimasen.(いいえ、いしゃ じゃ ありません)
                    * tidak, saya bukan dokter.
      iie, isha dewa arimasen(いいえ、 いしゃ でわ ありません。)
                    * tidak, saya bukan dokter.

2.  (+)dewa san wa seito desu.(でわーさん わ せいと です。)
        * dewa seorang murid/siswa.
     (-)dewa san wa seito ja arimasen.(でわーさん わ せいと じゃ ありません。)
        * dewa bukan seorang murid/siswa.
     (?)anata wa seito desuka ?(あなた わ せいと ですか?)
        * apakah anda seorang murid/siswa ?)
     jawab : (+)hai, seito desu. (はい、 せいと です。)
                    * iya, saya seorang murid/siswa.
                 (-)iie, seito ja arimasen.(いいえ、 せいと じゃ ありません。)
                    * tidak, saya bukan murid/siswa.
                     iie, seito dewa arimasen(いいえ、 せいと でわ ありません。)
                    * tidak, saya bukan murid/siswa.

KOSA KATA
isha(いしゃ) = dokter
seito(せいと) = murid/siswa
gunjin(ぐんじん) = tentara
haha(はは) = ibu
chichi(ちち) = ayah

Sekian dari kami, salam dari member telsa no japanese club,....


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SMK Telsa no Japanese club - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -